Jenis Marmer Import yang Beredar di Indonesia

Marmer yang dijual di Indonesia rata-rata di import dari luar negeri, hal ini dikarenakan setiap negara penghasil marmer mempunyai corak, warna, dan jenis yang berbeda-beda. Negara-negara yang mengekspor marmer tersebut ke Indonesia antara lain seperti berikut ini :

1.Yunani

Yunani merupakan salah satu negara penghasil marmer terbesar didunia, marmer sudah dikenal oleh bangsa Yunani dari zaman dahulu kala, kita bisa melihat bangunan-bangunan kuno disana banyak yang menggunakan marmer. Marmer yang dihasilkan oleh negara ini dan cukup mahal adalah marmer Thasos, yang dipakai pada Masjidil Haram Di Mekkah karna kualitasnya yang dapat menyerap panas. Selain Thasos, marmer dari Yunani antara lain seperti : Achilles, Arcadia, Evenos, Evia, Parthenon, Royal Red, Tinos Green, dan Thebes Yellow.

Marmer thasos

2. Italia

Italia merupakan negara penghasil marmer terbesar di dunia, marmer dari negeri spaghetti ini banyak diimpor oleh para suplier di Indonesia. Ini dikarenakan jenis marmer Italia memiliki kualitas yang bagus diantara negara lainnya. Marmer yang dihasilkan dari Italia ini seperti : Botticino, Calacatta, Pavonazzo, Red Verona, Siena dan yang paling terkenal dan banyak digunakan adalah marmer Carrara, karena penghasil marmer terbesar di Italia kota Carrara sampai dijuluki the City of Marble.

Marmer Carrara

3. Spanyol

Pertambangan marmer di Spanyol terletak di daerah Pinoso, Valencia, Spanyol. Lokasi penambangan marmer di Pinoso ini merupakan salah satu yang terbesar di Eropa setelah Carrara, Italia dan Pentelicus, Yunani. Marmer dari Pinoso ini adalah marmer Crema Marfil yang berwarna krem klasik kecoklatan. Marmer ini ditambang dari dua gunung yang berbeda, sehingga menghasilkan corak dan warna yang dihasilkan pun berberda pula. Marmer dari spanyol ini termasuk marmer yang popular didunia karena memiliki warna beige yang indah.

Marmer Crema Marfil

4. Turki

Turki memiliki pertambangan marmer yang besar didunia, pertambangan marmer di Turki terletak di daerah Aegean, Marmara dan Anatolia. Jenis marmer yang dihasilkan oleh Turki memiliki ragam yang bervariatif, salah satu marmer yang terkenal dari negara ini adalah marmer Prokonesos yang ditambang dari pulau Marmara. Marmer ini merupakan komoditi ekspor yang utama dari pulau Marmara yang membuat Turki menjadi salah satu negara terbesar pengekspor batu marmer.

Marmer Marrmara

5. China / Tiongkok

Marmer dari Negeri Tirai Bambu ini merupakan yang paling banyak beredar di Indonesia. Marmer buatan China ini bukan seratus persen marmer yang alami karena ada Sebagian yang diolah di pabrik. Ciri-cirinya adalah marmer buatan China ini mempunyai corak yang seragam dan sama. Jenis marmer dari China ini antara lain : Black Orion, Panda White, Black Zebra, Emperador Black, Hang Grey dan lainnya.

Marmer Panda White

Itulah jenis-jenis marmer yang beredar di pasar Indonesia beserta negara asalnya. Banyak pilihan untuk memilih dan membeli marmer, sebelum membeli baiknya kumpulkan semua informasi tentang marmer yang anda butuhkan. Akan tetapi yang utama adalah keputusan untuk membeli marmer harus disesuaian dengan fungsi dan kebutuhannya.